UNSUR INTRINSIK CERPEN CHISANA OKOKU KARYA TANIZAKI JUNICHIROU
Tema : Sosial
Tokoh :
- Kaijima Shoukichi
Seorang guru Sekolah Dasar di Kota M, Prefektur G
貝島庄吉がG県のM市の小学校へ転任したのは、(hal 9)
- Nishimura
Anak laki-laki pemilik toko tradisional ramuan China
腕白な方ではK町の生薬やのせがれの西村というのが隊長であった。(hal 14)
- Keitaro
Anak laki-laki pertama Kaijima
幸い自分の長男啓太郎が同じ級の生徒などで、(hal 31)
- Numakura Shoukichi
Murid baru, seorang anak laki-laki yang jelek
新しく入学した一人の生徒があった。顔の四角な、色の黒い、恐ろしく大きな巾着頭のところどころに白雲のできている、憂鬱な眼つきをした、ずんぐりと肩の円い太った少年で、名前を沼倉庄吉といった。(hal 15)
Anak buruh pabrik rendahan
いやしいしょつこうの息子ではあるけれど、(hal 35)
Penokohan :
- Kaijima
Bertekat bulat
Ia memiliki tekat bulat setelah sekian lama mengadakan penelitian tentang ilmu sejarah favoritnya, sejarah dunia timur Cina-Jepang, ia ingin menjadi seorang doktor sastra.
彼が大好きな歴史学、日本しなの東洋史を研究して、行く末文学博士になってやろうというくらいな抱負を持っていた。(hal 10)
Suka terhadap anak-anak, baik dan sabar
Karena Kaijima sudah sejak lahir menyukai anak-anak, Kaijima yang menjaga mereka selama hampir dua tahun hafal dengan minat bocah-bocah yang memiliki kebiasaan yang bermacam-macam itu, tidak membeda-bedakan siapapun, mengurus dengan ramah dan memperlakukan mereka secara merata.
しかし生来子共が好きで、二十年近くも彼等の面倒を見てきたかいじまは、いろいろの性癖を持った少年の一人一人に興味を覚えて、誰彼の区別なく、平等に親切に世話を焼いた。(hal 15)
- Nishimura
Penakut
Di ujung, Nishimura si jenderal merasa ciut dan ngeri begitu dipelototi dengan marah oleh Numakura
果ては大将の西村までが、沼倉に睨まれると一とちちみに上がって、降参したうえに生け捕りにされたりする。(hal 18)
- Keitaro
Jujur dan dapat dipercaya
Justru karena ayah bertanya pada mulutmu yang jujur dan apa adanya dan ayah tidak bermaksud memarahi si Numakura maka katakanlah yang sesungguhnya.
ほんとうにそうかね、お前の意付け口を聞いたからといって、何もお父さん沼倉を叱るわけじゃないんだから、ほんとうのことをいいなさい。(hal 31)
- Numakura
Numakura adalah seoang pemuda ang berani, lapang dada, berjiwa besar dan suka membantu orang yang lemah sehingga Numakura memposisikan dirinya sebagai pemenang atau orang terkuat seangkatannya.
沼倉がいかにして、いつ頃からそれほどの権力を補ってみると、大体こういう事情であるらしかった。(hal 33)
Latar :
- Latar tempat
· Sebuah SD di kota M, prefektur D
G 県のM市の諸学校へ転任したのは、(hal 10)
· Tokyo
東京に生い立って、(hal 11)
· Lapangan sekolah
ある日のことである。昼の休みに運動場をぶらつふぃながら、(hal 16)
· Ruang kelas
部屋の空気がしーんと澄みわたっているせいか、(hal 20)
· Ruang guru
先生がお前を呼んだのは、お前叱るためではない。(hal 36)
- Latar waktu
- Musim semi, tahun kedua setelah kedatangan Kaijima ke kota M
貝島がMへ来てからちょうど二年目の春の話である。(hal 15)
- Pagi yang cerah saat Kaijima berangkat ke sekolah
明くる日の朝、学校へ出って行ったかいじまは、(hal 38)
- Suatu hari di akhir bulan juni
六月の末のおおある日であった。
- Rumah Kaijima
貝島は閾を跨ぐと同時に、(hal 41)
- Di akhir musim gugur
その年の末になって。(hal 42)
Point of view :
Sudut pandang orang ke tiga. Penulis mengetahui dengan jelas dan menyeluruh isi cerita dan jalan cerita. Disebut juga maha tahu.
see also jhanjannan.blogspot.com
No comments:
Post a Comment