Pages

Wednesday, March 23, 2011

unsur intrinsik


UNSUR INTRINSIK CERPEN CHISANA OKOKU KARYA TANIZAKI JUNICHIROU
Tema :  Sosial

Tokoh :
  1. Kaijima Shoukichi
Seorang guru Sekolah Dasar di Kota M, Prefektur G
貝島庄吉がG県のM市の小学校へ転任したのは、(hal 9)
  1. Nishimura
Anak laki-laki pemilik toko tradisional ramuan China
腕白な方ではK町の生薬やのせがれの西村というのが隊長であった。(hal 14)
  1. Keitaro
Anak laki-laki pertama Kaijima
幸い自分の長男啓太郎が同じ級の生徒などで、(hal 31)
  1. Numakura Shoukichi
Murid baru, seorang anak laki-laki yang jelek
新しく入学した一人の生徒があった。顔の四角な、色の黒い、恐ろしく大きな巾着頭のところどころに白雲のできている、憂鬱な眼つきをした、ずんぐりと肩の円い太った少年で、名前を沼倉庄吉といった。(hal 15)
Anak buruh pabrik rendahan
いやしいしょつこうの息子ではあるけれど、(hal 35)

Penokohan :
  1. Kaijima
Bertekat bulat
Ia memiliki tekat bulat setelah sekian lama mengadakan penelitian tentang ilmu sejarah favoritnya, sejarah dunia timur Cina-Jepang, ia ingin menjadi seorang doktor sastra.
彼が大好きな歴史学、日本しなの東洋史を研究して、行く末文学博士になってやろうというくらいな抱負を持っていた。(hal 10)

Suka terhadap anak-anak, baik dan sabar
Karena Kaijima sudah sejak lahir menyukai anak-anak, Kaijima yang menjaga mereka selama hampir dua tahun hafal dengan minat bocah-bocah yang memiliki kebiasaan yang bermacam-macam itu, tidak membeda-bedakan siapapun, mengurus dengan ramah dan memperlakukan mereka secara merata.
しかし生来子共が好きで、二十年近くも彼等の面倒を見てきたかいじまは、いろいろの性癖を持った少年の一人一人に興味を覚えて、誰彼の区別なく、平等に親切に世話を焼いた。(hal 15)

  1. Nishimura
Penakut
Di ujung, Nishimura si jenderal merasa ciut dan ngeri begitu dipelototi dengan marah oleh Numakura
果ては大将の西村までが、沼倉に睨まれると一とちちみに上がって、降参したうえに生け捕りにされたりする。(hal 18)
  1. Keitaro
Jujur dan dapat dipercaya
Justru karena ayah bertanya pada mulutmu yang jujur dan apa adanya dan ayah tidak bermaksud memarahi si Numakura maka katakanlah yang sesungguhnya.
ほんとうにそうかね、お前の意付け口を聞いたからといって、何もお父さん沼倉を叱るわけじゃないんだから、ほんとうのことをいいなさい。(hal 31)

  1. Numakura
Numakura adalah seoang pemuda ang berani, lapang dada, berjiwa besar dan suka membantu orang yang lemah sehingga Numakura memposisikan dirinya sebagai pemenang atau orang terkuat seangkatannya.
沼倉がいかにして、いつ頃からそれほどの権力を補ってみると、大体こういう事情であるらしかった。(hal 33)

Latar :
  1. Latar tempat
·         Sebuah SD di kota M, prefektur D
G 県のM市の諸学校へ転任したのは、(hal 10)
·         Tokyo
東京に生い立って、(hal 11)
·         Lapangan sekolah
ある日のことである。昼の休みに運動場をぶらつふぃながら、(hal 16)
·         Ruang kelas
部屋の空気がしーんと澄みわたっているせいか、(hal 20)
·         Ruang guru
先生がお前を呼んだのは、お前叱るためではない。(hal 36)
  1. Latar waktu
    • Musim semi, tahun kedua setelah kedatangan Kaijima ke kota M
貝島がMへ来てからちょうど二年目の春の話である。(hal 15)
    • Pagi yang cerah saat Kaijima berangkat ke sekolah
明くる日の朝、学校へ出って行ったかいじまは、(hal 38)
    • Suatu hari di akhir bulan juni
六月の末のおおある日であった。
    • Rumah Kaijima
貝島は閾を跨ぐと同時に、(hal 41)
    • Di akhir musim gugur
その年の末になって。(hal 42)

Point of view :
Sudut pandang orang ke tiga. Penulis mengetahui dengan jelas dan menyeluruh isi cerita dan jalan cerita. Disebut juga maha tahu.
see also jhanjannan.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

digg